Translate

Saturday 7 December 2013

Rest in Peace : Nelson Mandela (18 July 1918 - 5 December 2013)




Nelson Mandela, seorang tokoh besar dunia yang berasal dari Afrika Selatan yang dikenal menentang apartheid, dan juga merupakan seorang politisi dan philanthropist, telah wafat dalam usia 95 tahun pada tanggal 5 Desember 2013 di Houghton, Johannesburg (Afrika Selatan), karena infeksi paru-paru. Dunia berduka cita yang sangat mendalam. Demikian pula terjadi di Amerika Serikat dengan adanya himbauan dari presiden Obama untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga hari Senin, 9 Desember 2013. 

Semasa hidupnya Mandela dikenal dunia akan perjuangannya melawan apartheid (perbedaan perlakuan berdasarkan warna kulit/ras) dan pernah dipenjara selama 27 tahun akibat perjuangannya itu. Ia adalah seorang tokoh dunia yang sangat dihormati dan menjadi teladan bagi masyarakat dunia. Selepas dari penjara, jalan hidup membawanya menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan dalam tahun 1994 - 1999. Dalam hidupnya ia banyak sekali menerima penghargaan, termasuk di antaranya yang significant adalah joint Nobel Peace Prize dalam tahun 1993 bersama de Klerk, dimana mereka berdua menentang apartheid. Dalam bulan November 2009, General Assembly dari Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan setiap tanggal 18 Juli yang merupakan tanggal kelahiran Mandela sebagai Hari Mandela, sebagai penghormatan kepada dirinya atas perjuangannya melawan apartheid di dunia. Mandela yang biasa dipanggil juga dengan sebutan Madiba, dalam kesehariannya sangat senang mengenakan batik. Bahan batik yang terasa sejuk dan nyaman dipakai memang sangat cocok dikenakan pada iklim seperti di Afrika Selatan. Karena kegemaran Mandela (Madiba) mengenakan batik, masyarakat di sana juga menyebut batik sebagai Madiba's shirt.

Berikut ini beberapa gambar kenangan Nelson Mandela semasa hidupnya yang diliput berbagai media di dunia dengan baju-baju batiknya :








Rest in Peace, Nelson Mandela


source & image : berbagai sumber
rosie soemardi