Translate

Thursday 17 April 2014

The Eastern & Oriental Express, Kereta Api Termewah di Asia Tenggara





Bagi sebagian orang bepergian dari satu kota ke kota lain, ataupun dari satu negara ke negara lain dengan menggunakan kereta api terasa sangat menyita waktu dibandingkan jika naik pesawat. Tentu saja hal ini jika jarak tempuhnya cukup jauh. Bahkan terkadang naik mobil terasa lebih cepat dibandingkan jika naik kereta api, sebagaimana yang terjadi jika anda bepergian dari Jakarta ke Bandung ataupun sebaliknya, setelah dibukanya Tol Cipularang yang memudahkan akses antara kedua kota tersebut. Tentu saja, asalkan tak terjadi kemacetan. Namun, walau pesawat terbang telah ditemukan dalam abad ke 20, peran kereta api tak kemudian berhenti. Bahkan untuk membuat orang tetap tertarik menggunakan kereta api sebagai sarana untuk traveling, timbullah sebuah ide untuk merancang perjalanan yang mewah dengan menggunakan kereta api. Maka dari situlah lahir the Eastern & Oriental Express (E&O) yang merupakan kereta api termewah di Asia Tenggara dan menjual pemandangan alam di Asia Tenggara. Kereta api ini berangkat dari Singapore menuju Bangkok, ataupun sebaliknya, memakan waktu selama 3 hari 2 malam dan mampir beberapa saat di Kuala Lumpur dan Butterworth (Malaysia). Selain rute Singapore - Bangkok (ataupun sebaliknya) ini, E&O masih memiliki beberapa rute lainnya. 





The Eastern & Oriental Express ini merupakan "saudara" dari the Venice Simplon-Orient-Express (keduanya dimiliki oleh pemilik yang sama) yang telah lebih dahulu terkenal di Eropa, yang juga merupakan kereta api termewah di Eropa. The Venice Simplon-Orient-Express ini berangkat dari London menuju Venice, ataupun sebaliknya. 





Di Singapore, perjalanan dimulai dari stasiun Woodlands. Penumpang E&O ini didominasi oleh warga kulit putih. Sistem pembayaran di dalam kereta api ini juga hanya dalam bentuk US dollar. Credit card dan travelers cheques dapat digunakan, namun tak demikian halnya dengan cek pribadi. Harga tiket E&O sudah termasuk hidangan selama perjalanan (untuk detailnya sebaiknya anda tanyakan lebih dahulu pada petugas sebelum membeli tiket). 

Makan pagi dan afternoon tea dibawakan oleh staff E&O ke cabin anda. Namun jika anda ingin bangun sangat pagi untuk menyaksikan keindahan alam, maka teh dan kopi dapat dibawakan ke Observation Car mulai jam 7 pagi ke atas. Tentunya sebelumnya anda harus mengatakan hal ini lebih dahulu pada staff yang bertugas. Sedangkan makan siang dan malam bersama-sama dengan penumpang lain di ruang makan. Pada kesempatan tersebut para penumpang dihibur dengan tari-tarian dari Thailand atau Malaysia, music performance dan lain-lain. 



Chocolate tart



Szechuan pepper prawns with zucchini




Cabin sebagai ruang tidur tersedia atas tiga pilihan yakni Pullman single cabins (luas 5 m2) dengan satu single bed, Pullman cabins (luas 5,8 m2) dengan tempat tidur bertingkat (atas dan bawah), State cabins (luas 7,8 m2) dengan dua tempat tidur single bed berdampingan dan Presidential suite (11,6 m2) juga dengan dua tempat tidur yang berdampingan namun dilengkapi mini bar, CD player dan adaptor. Semua cabin dilengkapi dengan air condition, toilet, shower untuk mandi, hairdryer dan personal safe. Stop kontak di dalam cabin mengikuti standar di Inggris yakni stop kontak dengan tiga colokan. 


The Presidential Suite




Untuk urusan busana juga ada aturannya di sini. Untuk siang hari anda diharuskan mengenakan busana smart casual, sedangkan pada malam hari anda diharuskan berpakaian resmi seperti jas dan dasi untuk pria dan evening dress untuk wanita. Busana seperti jeans dan celana training atau busana olah raga tak diperbolehkan sama sekali dikenakan sepanjang perjalanan bersama E&O ini. Setiap penumpang hanya diperbolehkan membawa masuk ke dalam cabin berupa satu kopor pakaian berisi pakaian dan barang-barang yang hanya diperlukan sepanjang perjalanan ini beserta satu tas tangan. Sedangkan kopor lainnya harus disimpan di bagasi dan tak boleh diturunkan atau dibuka sama sekali sepanjang perjalanan hingga tiba di negara tujuan. 




source : The Eastern & Oriental Express
image is the courtesy of the Eastern & Oriental Express
Rosie Soemardi