Translate

Monday 7 October 2013

Miss World 2013 in Indonesia





Miss World 2013 telah usai. Perhelatan yang sangat mewah dan berjalan sangat sukses. MNC Group menjadi pihak penyelenggara Miss World 2013 di Indonesia. Sejak Miss World dimulai tahun 1951, baru kali inilah Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Miss World dan Bali dipilih sebagai lokasi yang paling tepat untuk hal ini dari awal sampai puncak acara. Susunan acara dimulai sejak tanggal 3 September ketika para kontestan mulai berdatangan di Bali dan puncak acara berupa pemilihan Miss World yang jatuh pada tanggal 28 September 2013 di Hotel Westin, Nusa Dua. Miss World 2013 diikuti oleh 127 kontestan dari seluruh dunia. Untuk pelaksanaan di Indonesia tak diperbolehkan ada kontes pakaian bikini, namun digantikan pakaian pantai dengan mengenakan sarung Bali. 

Selama ini masih banyak masyarakat dunia yang tak mengetahui dimana letak Indonesia. Bahkan banyak yang mengira bahwa Bali adalah sebuah negara. Atau ada juga yang menyangka Indonesia terletak di Bali. Padahal Bali adalah sebuah pulau yang ada di negara Indonesia, sedangkan Jakarta sebagai ibukota negara berada di pulau Jawa. Memang Indonesia terletak di ujung dunia, karena terletak sangat jauh dari Eropa dan Amerika, dan penduduknya tak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu sehingga kurang dikenal dunia. Padahal Indonesia bagai paradise. Satu-satunya negara di dunia yang negaranya berupa kepulauan. Indonesia memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, 1340 suku bangsa, 546 bahasa dan setiap suku bangsa memiliki kebudayaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Indonesia sendiri adalah sebuah negara tropis yang terletak di Asia Tenggara yang dilalui oleh garis khatulistiwa.  

Melalui penyelenggaraan Miss World 2013 tanpa menjelaskan berulang-ulang lagi dimana letak Indonesia atau seperti apakah Indonesia, masyarakat dunia kini dapat mengetahuinya dengan lebih cepat. Tentu saja, karena acara Miss World adalah salah satu acara yang menjadi pusat perhatian dunia sehingga secara tidak langsung kini masyarakat dunia lebih mengenal Indonesia. 

Akhirnya, pemenang Miss World 2013 adalah Megan Young dari Filipina, Runner Up I adalah Marine Lorphelin dari Perancis dan Runner Up II adalah Naa Okailey Shooter dari Ghana. Miss Indonesia Vania Larissa menjadi pemenang pertama dalam Talent Competition dan termasuk dalam Top 11 dari 127 kontestan.

Berikut adalah suasana dalam Miss World 2013 di Bali. 



Berbagai bendera kontestan dalam Miss World 2013




Para kontestan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai suku bangsa di Indonesia








BLUE di antara para kontestan




Kesenian tradisional Indonesia dalam Miss World 2013






Musik Barat berpadu dengan sasando, alat musik tradisional Indonesia




Para kontestan mengenakan kostum asli dari asal negara mereka masing-masing




Berbagai desain para desainer Indonesia dalam Top Model Competition




































Awalnya terpilih Top 10




Setelah terpilih Top 5 kemudian menjadi Top 6 di deret paling depan dengan tambahan Miss Gibraltar
hasil dari People's Choice




Mahkota Miss World 2013 diberikan oleh Miss World 2012 Yu Wenxia dari China




Usailah sudah acara Miss World 2013 di Bali




image from Miss World official 
Rosie Soemardi