Translate

Friday 18 October 2013

The Beautiful Bang Pa-In Royal Palace in Ayutthaya







Bang Pa-In Palace atau Summer Palace adalah istana peristirahatan keluarga kerajaan Thailand yang terletak di kota tua Ayutthaya, berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mengendarai mobil dari kota Bangkok. Ketika Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit tak sedang berkunjung ke sana, Bang Pa-In Palace terbuka untuk umum. Raja dan Ratu Thailand biasanya menggunakannya untuk menggelar jamuan makan dan event lainnya, ataupun untuk beristirahat dengan menikmati pemandangan di luar kota Bangkok. 


Tiga jenis arsitektur bangunan di Bang Pa-In Palace : Thailand, Eropa, China 





Bang Pa-In pertama kali didirikan tahun 1632, sedangkan bangunan yang ada di sana sekarang kebanyakan didirikan antara tahun 1872 dan 1889 oleh Raja Chulalongkorn.


Taman yang sangat indah dan tenang memberikan rasa damai


      


Begitu tiba di lokasi, sederetan bogey sudah siap dipergunakan. Kita dapat menjelajahi area yang sangat luas ini dengan menyetir sendiri bogey atau memilih berjalan kaki. Areal Bang Pa-In Palace sungguh luas, dan pengunjung dimanjakan dengan penataan bangunan-bangunan dan taman-tamannya yang sangat indah sekali. Jika Perancis memiliki istana Versailles yang luar biasa indah, maka Thailand memiliki Bang Pa-In Palace.


                            

 
Sungai Chao Phraya mengelilingi Bang Pa-In Palace


 
Sebuah sudut taman dalam bentuk gajah



                                 
Arsitektur bangunan di Bang Pa-In Palace dibagi atas tiga macam style yakni bergaya Thailand, Eropa maupun China. Suasana di sana yang sangat tenang ditambah dengan pemandangannya yang sangat indah memberikan kedamaian di hati. Benar-benar sebuah istana yang sangat mengesankan.





image is the courtesy of Rosie Soemardi
Rosie Soemardi