Translate

Friday 22 November 2013

Kehebohan Rio Carnival : 28 Februari - 4 Maret 2014 (Carnaval Terbesar di Dunia)






Berbeda dengan Venice Carnival yang terfokus pada pemakaian kostum dan topeng saja dalam suasana yang tenang, di Rio Carnival, pengunjung akan menyaksikan pesta Carnival yang bukan saja melibatkan pemakaian kostum yang sangat menghebohkan - ada kalanya para peserta bahkan berani mengenakan kostum yang berpotongan terlalu sexy - namun juga ditambah dengan tarian samba, nyanyian dan musik semalam suntuk hingga matahari terbit yang dilakukan para peserta Carnival dengan penuh gegap gempita, dimeriahkan pula oleh seluruh sekolah tari samba yang ada di Brazil yang khusus dipersiapkan untuk moment ini. Sehingga Rio Carnival disebut sebagai pesta Carnival yang terbesar dan paling meriah di seluruh dunia. 


Bangsa Portugis awalnya membawa suasana Carnival ini ke Brazil dalam tahun 1850. Pada saat itu Carnival di Brazil mendapat pengaruh dari Paris. Namun sejalan dengan waktu, kini Rio Carnival lebih mengadopsi budaya dari bangsa Afrika dan Indian Amerika. 

Sama halnya dengan Venice Carnival, penyelenggaraan Rio Carnival juga akan jatuh dalam bulan Februari 2014. Untuk Rio Carnival tepatnya akan dimulai pada tanggal 28 Februari hingga 4 Maret 2014. Turis dari seluruh dunia selalu membanjiri Rio de Janeiro setiap tahunnya khusus untuk menyaksikan Rio Carnival ini dan Carnival ini telah menjadi aset pariwisata bagi Brazil. Setiap tahunnya diperkirakan kurang lebih sebanyak 500.000 turis datang ke Rio de Janeiro khusus untuk menyaksikan Rio Carnival ini. Para turis dapat pula ikut serta menari samba dan tergabung dalam parade yang dimulai pada pukul 9 malam hari. Mereka harus memiliki stamina yang kuat jika hendak melakukannya, karena mereka akan ikut menari samba berkilo-kilo meter di jalanan. Mengenai gerakan tari samba, mereka dapat latihan sebentar sebelumnya bersama dengan para penari samba itu. Tentunya mereka juga harus membayar tiket untuk ikut serta menari samba di dalam parade. Demikian pula tiket dijual untuk mereka yang hanya ingin duduk saja sebagai penonton di stadium samba (Sambodromo), stadium yang khusus dibangun untuk menyaksikan Samba Parade yang menjadi primadona dalam rangkaian acara Rio Carnival ini. 




Panitia penyelenggara mengatakan bahwa moment Samba Parade yang jatuh pada tanggal 2 dan 3 Maret 2014 menjadi puncak dari rangkaian acara Rio Carnival dan kedua hari itu adalah moment yang paling dinantikan para turis di seluruh dunia. Enam buah sekolah samba yang terpilih menjadi pemenang atas penampilan mereka pada kedua malam tersebut kemudian akan tampil kembali dalam Champions' Parade pada tanggal 8 Maret 2014 ditambah dengan atraksi kembang api. Sehingga jika ketinggalan menyaksikan Rio Carnival, masih ada satu lagi kesempatan yaitu dengan menyaksikan Champions' Parade pada tanggal 8 Maret 2014. Tanggal-tanggal lain yang juga menarik untuk disaksikan para turis (namun kehebohannya masih di bawah tanggal 2 dan 3 Maret 2014) yaitu moment pada tanggal 28 Februari dan 1 Maret 2014. 




Jika ingin menyaksikan kehebohan Rio Carnival, pihak penyelenggara menyarankan untuk membooking tempat minimal empat bulan sebelumnya. Atau setidaknya paling lambat dalam bulan-bulan ini. Untuk informasi lebih jauh dapat menyimak di http://www.rio-carnival.net/rio_carnival/rio_carnival_programs.php







source : Rio Carnival
image is the courtesy of Rio Carnival
rosie soemardi