Translate

Monday 25 November 2013

Marc Jacobs Has Left Louis Vuitton




Marc Jacos bersama Sofia Coppola
Saat Fashion Show Louis Vuitton
Spring/Summer 2014
Show terakhir Jacobs untuk LV



Akhirnya setelah menjadi Artistic Director selama 16 tahun sejak 1997, Marc Jacobs meninggalkan Louis Vuitton dan digantikan oleh Nicolas Ghesquiere yang sebelumnya pernah berkarya di rumah mode Balenciaga. Ghesquiere disebut-sebut pula sebagai desainer yang berbakat. Adapun mengenai Jacobs, dikatakan ia ingin lebih berkonsentrasi pada label miliknya sendiri yakni Marc Jacobs, yang sebagian sahamnya juga dimiliki oleh LVMH (yang dimiliki oleh Bernard Arnault, konglomerat Perancis). 

Sekilas mengenai Jacobs, ia pernah menjadi desainer termuda pada usianya yang ke 24 tahun dengan meraih New Fashion Talent award dari Council of Fashion Designers of America. Demikian pula di tangan Marc Jacobs, Louis Vuitton telah meraih penjualan sebesar 9, 46 milyar dollar. Bakat Jacobs terlihat pada desain monogramme yang dihasilkannya selama ini untuk Louis Vuitton, kreatifitasnya yang tak pernah berhenti mengalir menghasilkan karya-karya yang unik, indah dan surprising. Sebelum Jacobs berada di Louis Vuitton, tas Louis Vuitton hanya dikenal dengan trademarknya yang khas yaitu berwarna coklat dengan desain formalnya berupa lambang dan huruf LV yang silih berganti tersebar di beberapa bagian tas, namun setelah kehadiran Jacobs, Louis Vuitton telah menghasilkan begitu banyak desain tas yang sangat berbeda dengan trademark yang dikenal sebelumnya. Di tangan Jacobs, tas-tas Louis Vuitton tak tampak sangat formal lagi, namun banyak tampil seperti permen, dikemas dalam aneka warna dengan desain yang sangat cute. Selain itu, sejak itu juga dikeluarkan koleksi busana untuk rumah mode ini.  

Jacobs memutuskan berhenti dari LV pada detik-detik terakhir. Shownya untuk koleksi Spring/Summer 2014 menjadi show terakhirnya untuk LV. Kini Jacobs, desainer asal Amerika itu telah meninggalkan LV dan akhirnya brand Perancis yang sangat terkenal ini telah memilih desainer asal Perancis juga sebagai pengganti Jacobs. 


Desain seperti ini adalah trademark
dari Louis Vuitton sejak awal
rumah mode ini berdiri
Berwarna coklat dengan lambang
dan huruf-huruf LV




Namun setelah kehadiran Jacobs, lahirlah desain
seperti ini di Louis Vuitton




Atau seperti ini







source : berbagai sumber
image is the courtesy of Louis Vuitton
rosie soemardi